Laman

Jumat, 10 Juli 2015

STRUKTUR KONSTRUKSI 4 - Redesain Gedung UPT Perpustakan Undip dengan Aplikasi Inovasi Struktur Core (POSTER)

kelompok 14

Adif Rifaldi               (21020113130146)
Hafizhuddin Zafiri A (21020113140150)
Wisnu Agung H         (21020113130153)

Dosen pengampu;
Dr. Ir. Eddy Prianto, CES, DEA

Dengan bimbingan dari dosen pengampu mata kuliah Struktur dan Konstruksi 4 semester sisipan, yaitu beliau bapak Dr.Ir. Eddy Prianto, CES, DEA, kami mengerjakan tugas berupa aplikasi struktur inti core pada redesain gedung UPT Perpustakaan Undip yang selanjutnya diselesaikan dalam format media visual berupa Poster.

Dalam tugas ini, inovasi yang diterapkan ialah peletakan inti core tunggal di tepi, inti core asimetris, dan inti core simetris pada denah eksisting gedung UPT Perpustakaan yang selanjutnya dibuat tampilan fasad gedung yang di redesain menjadi 10 lantai.

Berikut Produk final berupa Poster:



Inti core yang dimaksud disini merupakan peletakan core yang difungsikan sebagai tangga, lift, dan sistem mekanik elektrik bangunan yang diposisikan sesuai tema tugas yang ditentukan.

Core tunggal di tepi merupakan perletakan core pada bagian tepi bangunan dan bersifat tunggal serta berfungsi sebagai penghubung vertikal bangunan.

Core simetris bersifat jamak dan harus bersifat simetris pada dua atau empat sisi bangunan sehingga jumlah core yang ada lebih dari satu. perletakan di dalam bangunan namun harus simetris terhadap suatu sumbu maya.

Core asimetris dapat bersifat tunggal ataupun jamak. Core asimetris terletak pada bagian dalam bangunan namun tidak harus terletak dalam pola tertentu sehingga core pada suatu sisi  menjadi asimetris dengan sisi bangunan lainnya.

Diharapkan poster redesain gedung UPT Perpustakaan Undip dengan aplikasi inovasi struktur core ini dapat bermanfaat bagi kegiatan akademis Jurusan Arsitektur FT Undip terkhusus pada mata kuliah Struktur dan Konstruksi 4 itu sendiri.
Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar